Skip to main content

Rasulullah SAW suri teladan yang baik


Bau harum Rasulullah
عَنْ اَنَسٍ قَالَ: كَانَ رَسُوْلُ اللهِ ص اَزْهَرَ اللَّوْنِ كَاَنَّ عَرَقَةُ اللُّؤْلُؤِ، اِذَا مَشَى تَكَفَّأَ وَ لاَ مَسِسْتُ دِيْبَاجَةً وَ لاَ حَرِيْرَةً اَلْيَنَ مِنْ كَفّ رَسُوْلِ اللهِ ص وَ لاَ شَمِمْتُ مِسْكَةً وَ لاَ عَنْبَرَةً اَطْيَبَ مِنْ رَائِحَةِ رَسُوْلِ اللهِ ص. مسلم 4: 1815
Dari Anas, ia berkata, "Adalah Rasulullah SAW berkulit seperti kembang (putih kemerahan), seolah-olah mutiara yang berkilauan. Apabila berjalan, beliau berjalan tegap. Dan aku belum pernah menyentuh sutra tebal atau sutra tipis yang selembut tapak tangan Rasulullah SAW, dan aku belum pernah mencium bau minyak wangi misk, maupun ambar yang lebih harum dari pada bau harumnya Rasulullah SAW. [HR. Muslim juz 4, hal. 1815]
عَنْ جَابِرِ بْنِ سَمُرَةَ قَالَ: صَلَّيْتُ مَعَ رَسُوْلِ اللهِ ص صَلاَةَ اْلاُوْلَى. ثُمَّ خَرَجَ اِلَى اَهْلِهِ فَخَرَجْتُ مَعَهُ فَاسْتَقْبَلَهُ وِلْدَانٌ. فَجَعَلَ يَمْسَحُ خَدَّيْ اَحَدِهِمْ وَاحِدًا وَاحِدًا. قَالَ: وَ اَمَّا اَنَا فَمَسَحَ خَدّى. قَالَ: فَوَجَدْتُ لِيَدِهِ بَرْدًا اَوْ رِيْحًا كَاَنَّمَا اَخْرَجَهَا مِنْ جُعْنَةِ عَطَّارٍ. مسلم 4: 1814
Dari Jabir bin Samurah, ia berkata, "Aku pernah shalat bersama Rasulullah SAW pada awal waktu, kemudian beliau menemui keluarganya dan aku mengikuti beliau, lalu beliau bertemu dengan anak-anak. Lalu beliau mengusap kedua pipi mereka satu-persatu. "Jabir berkata, "Dan adapun terhadapku, beliau mengusap pipiku juga. Maka aku merasakan tangan beliau terasa dingin atau harum seakan-akan beliau baru mengeluarkannya dari tempat minyak wangi". [HR. Muslim juz 4, hal. 1812]
عَنْ ثَابِتٍ قَالَ اَنَسٌ: مَا شَمِمْتُ عَنْبَرًا قَطُّ وَ لاَ مِسْكًا وَ لاَ شَيْئًا اَطْيَبَ مِنْ رِيْحِ رَسُوْلِ اللهِ ص وَ لاَ مَسِسْتُ شَيْئًا قَطُّ دِيْبَاجًا وَ لاَ حَرِيْرًا اَلْيَنَ مَسًّا مِنْ رَسُوْلِ اللهِ ص. مسلم 4: 1814
Dari Tsabit, Anas berkata, Äku sama sekali belum penah mencium bau minyak wangi ámbar dan tidak pula misk dan tidak pula sesuatu yang lebih harum daripada bau Rasulullah SAW, dan aku sama sekali belum pernah menyentuh sutera tebal maupun tipis yang lebih halus sentuhannya daripada Rasulullah SAW". [HR. Muslim juz 4, hal. 1814]
عَنْ اَنَسٍ رض قَالَ: مَا مَسِسْتُ حَرِيْرًا وَ لاَ دِيْبَاجًا اَلْيَنَ مِنْ كَفّ النَّبِيّ ص وَ لاَ شَمِمْتُ رِيْحًا قَطُّ اَوْ عَرْفًا قَطُّ اَطْيَبُ مِنْ رِيْحِ اَوْ عَرْفِ النَّبِيّ ص. البخارى 4: 167
Dari Anas RA, ia berkata, "Saya belum pernah menyentuh sutera tipis dan tidak pula sutera tebal yang lebih halus daripada telapak tangan Nabi SAW, dan sama sekali tidak pernah aku mencium bau atau minyak wangi itu lebih harum dari pada bau atau harumnya Nabi SAW". [HR. Bukhari juz 4, hal. 167]
عَنِ اْلحَكَمِ قَالَ: سَمِعْتُ اَبَا جُحَيْنَةَ قَالَ: خَرَجَ النَّبِيُّ ص بِاْلهَاجِرَةِ اِلَى اْلبَطْحَاءِ فَتَوَضَّأَ ثُمَّ صَلَّى الظُّهْرَ رَكْعَتَيْنِ وَ اْلعَصْرَ رَكْعَتَيْنِ وَ بَيْنَ يَدَيْهِ عَنَزَةٌ وَ زادَ فِيْهِ عَوْنٌ عَنْ اَبِيْهِ اَبِى جُحَيْفَةَ قَالَ: كَانَ يَمُرُّ مِنْ وَرَائِهَا اْلمَارَّةُ وَ قَامَ النَّاسُ فَجَعَلُوْا يَأْخُذُوْنَ يَدَيْهِ فَيَمْسَحُوْنَ بِهَا وُجُوْهَهُمْ قَالَ: فَاَخَذْتُ بِيَدِهِ فَوَضَعْتُهَا عَلَى وَجْهِى فَاِذَا هِيَ اَبْرَدُ مِنَ الثَّلْجِ وَ اَطْيَبُ رَائِحَةً مِنَ اْلمِسْكِ. البخارى 4: 165
Dari Hakam, ia berkata : Aku mendengar Abu Juhaifah mengatakan, "Rasulullah SAW keluar di tengah siang hari ke Bathhaa', lalu beliau berwudlu dan shalat Dluhur dua rekaat dan shalat 'Ashar dua rekaat sedang dihadapan beliau terdapat tongkat". Dalam hadits ini 'Aun menambahkan dari bapaknya Abu Juhaifah, "Dan seorang wanita lewat di belakang tongkat itu. Kemudian orang-orang berdiri lalu memegang dua tangan beliau, lalu mereka mengusapkannya ke wajah mereka". Abu Juhaifah berkata, "Lalu aku memegang tangan beliau dan aku meletakkannya pada wajahku, tiba-tiba tangan beliau itu lebih dingin daripada es dan lebih harum daripada minyak wangi". [HR. Bukhari juz 4, hal. 165]
Shahabat yang mirip beliau SAW
عَنْ عُقْبَةَ بْنِ اْلحَارِثِ قَالَ: صَلَّى اَبُوْ بَكْرٍ رض اْلعَصْرَ ثُمَّ خَرَجَ يَمْشِى فَرَأَى اْلحَسَنَ يَلْعَبُ مَعَ الصّبْيَانِ فَحَمَلَهُ عَلَى عَاتِقِهِ وَ قَالَ: بِاَبِى شَبِيْهٌ بِالنَّبِيّ  لاَ شَبِيْهٌ بِعَلِيّ وَ عَلِيٌّ يَضْحَكُ. البخارى 4: 164
Dari 'Uqbah bin Harits, ia berkata : Abu Bakar RA shalat 'Ashar, kemudian dia keluar dengan berjalan kaki, lalu melihat Hasan (putra 'Ali bin Abu Thalib) sedang bermain-main bersama anak-anak, lalu Abu Bakar menggendongnya di atas bahu dan berkata, "Kutebusi dengan ayahku, dia mirip Nabi, tidak mirip 'Ali", dan 'Ali tertawa". [HR. Bukhari juz 4, hal. 164]
عَنْ اَبِى جُحَيْفَةَ رض قَالَ: رَأَيْتُ النَّبِيّ ص وَ كَانَ اْلحَسَنُ يُشْبِهُهُ. البخارى 4: 164
Dari Abu Juhaifah RA, ia berkata, "Aku pernah melihat Nabi SAW dan adalah Hasan menyerupai beliau". [HR. Bukhari juz 4, hal. 164]
عَنْ اَبِى جُحَيْفَةَ قَالَ: رَأَيْتُ رَسُوْلَ اللهِ ص اَبْيَضَ قَدْ شَابَ. كَانَ اْلحَسَنُ بْنُ عَلِيّ يُشْبِهُهُ. مسلم 4: 1822
Dari Abu Juhaifah, ia berkata, "Aku pernah melihat Rasulullah SAW, beliau berkulit putih dan telah beruban. Hasan bin 'Ali hampir mirip dengan beliau". [HR. Muslim juz 4, hal. 1822]
Rambut dan uban Rasulullah SAW
عَنْ قَتَادَةَ قَالَ: قُلْتُ ِلاَنَسِ بْنِ مَالِكٍ: كَيْفَ كَانَ شَعْرُ رَسُوْلِ اللهِ ص؟ قَالَ: كَانَ شَعَرًا رَجِلاً، لَيْسَ بِاْلجَعْدِ وَ لاَ السَّبْطِ. بَيْنَ اُذُنَيْهِ وَ عَاتِقِهِ. مسلم 4: 1819
Dari Qatadah, ia berkata : Aku bertanya kepada Anas bin Maalik, "Bagaimanakah keadaan rambut Rasulullah SAW ?". Anas bin Malik menjawab, "Rambut beliau berombak, tidak keriting dan tidak lurus, dan menjuntai sampai daun telinga dan bahunya". [HR. Muslim juz 4, hal. 1819]
عَنْ اَنَسِ بْنِ مَالِكٍ رض يَقُوْلُ: كَانَ رَسُوْلُ اللهِ ص لَيْسَ بِالطَّوِيْلِ اْلبَائِنِ وَ لاَ بِاْلقَصِيْرِ وَ لاَ بِاْلاَبْيَضِ اْلاَمْهَقِ وَ لَيْسَ بِاْلآدَمِ وَ لَيْسَ بِاْلجَعْدِ اْلقَطَطِ وَ لاَ بِالسَّبْطِ بَعَثَهُ اللهُ عَلَى رَأْسِ اَرْبَعِيْنَ سَنَةً فَاَقَامَ بِمَكَّةَ عَشْرَ سِنِيْنَ وَ بِاْلمَدِيْنَةِ عَشْرَ سِنِيْنَ فَتَوَفَّاهُ اللهُ وَ لَيْسَ فِى رَأْسِهِ وَ لِحْيَتِهِ عِشْرُوْنَ شَعْرَةً بَيْضَاءَ. البخارى 4: 164
Dari Anas bin Malik RA, dia berkata, "Adalah Rasulullah SAW tidak tinggi jangkung dan tidak pendek, tidak putih muthlaq dan tidak sawo matang, tidak keriting dan tidak lurus. Beliau diutus oleh Allah (menjadi rasul) di awal usia 40 th, lalu beliau tetap tinggal di Makkah selama 10 th dan di Madinah selama 10 th, lalu Allah mewafatkan beliau sedang di kepala dan jenggot beliau tidak mencapai 20 rambut yang berwarna putih". [HR. Bukhari juz 4, hal. 164]
عَنْ وَهْبٍ اَبِى جُحَيْفَةَ السُّوَائِى قَالَ: رَأَيْتُ النَّبِيَّ ص وَ رَأَيْتُ بَيَاضًا مِنْ تَحْتِ شَفَتِهِ السُّفْلَى اْلعَنَفَقَةَ. البخارى 4: 164
Dari Wahab Abu Juhaifah Al-Suwa'i, ia berkata, "Aku pernah melihat Nabi SAW dan aku melihat putih-putih (uban) di bawah bibir beliau yang bawah, yaitu (antara jenggot dan bibir bawah)". [HR. Bukhari juz 4, hal. 164]
عَنْ حَرِيْزِ بْنِ عُثْمَانَ اَنَّهُ سَأَلَ عَبْدَ اللهِ ابْنَ بُسْرٍ صَاحِبَ النّّبِيّ ص قَالَ: أَ رَأَيْتَ النَّبِيَّ ص كَانَ شَيْخًا؟ قَالَ: كَانَ فِى عَنْفَقَتِهِ شَعَرَاتٌ بِيْضٌ. البخارى 4: 164
Dari Hariz bin 'Utsman, ia bertanya kepada 'Abdullah bin Busr shahabat Nabi SAW, ia berkata, "Apakah kamu melihat Nabi dalam keadaan tua ?". 'Abdullah menjawab, "Ya, di bawah bibir beliau ada beberapa rambut putih". [HR. Bukhari juz 4, hal. 164]
عَنْ قَتَادَةَ قَالَ: سَأَلْتُ اَنَسًا هَلْ خَضَبَ النَّبِيُّ ص؟ قَالَ: لاَ، اِنَّمَا كَانَ شَيْءٌ فِى صُدْغَيْهِ. البخارى 4: 165
Dari Qatadah, ia berkata : Aku bertanya kepada Anas, "Apakah Nabi SAW memakai semir rambut ?". Anas menjawab, "Tidak, hanya ada sedikit (uban) pada kedua pelipis beliau". [HR. Bukhari juz 4, hal. 165]
عَنِ ابْنِ سِيْرِيْنَ قَالَ: سَأَلْتُ اَنَسَ بْنَ مَالِكٍ هَلْ كَانَ رَسُوْلُ اللهِ ص خَضَبَ؟ فَقَالَ: لَمْ يَبْلُغِ اْلخِضَابَ، كَانَ فِى لِحْيَتِهِ شَعَرَاتٌ بِيْضٌ. قَالَ قُلْتُ لَهُ: اَكَانَ اَبُوْ بَكْرٍ يَخْضِبُ؟ قَالَ: فَقَالَ: نَعَمْ، بِاْلحِنَّاءِ وَ اْلكَتَمِ. مسلم 4: 1821
Dari Ibnu Siiriin, ia berkata, "Aku pernah bertanya kepada Anas bin Malik, "Apakah Rasulullah SAW pernah menyemir (rambutnya) ?". Anas bin Malik menjawab, "Tidak pernah beliau melakukan hal itu. Pada jenggot beliau terdapat rambut-rambut putih". Aku bertanya lagi, "Apakah Abu Bakar pernah menyemir (rambutnya) ?". Dia menjawab, "Ya, dengan pohon hinaa' dan katam". [HR. Muslim juz 4, hal. 1821]
عَنْ ثَابِتٍ قَالَ: سُئِلَ اَنَسُ بْنُ مَالِكٍ عَنْ خِضَابِ النَّبِيّ ص؟ فَقَالَ: لَوْ شِئْتُ اَنْ اَعُدَّ شَمَطَاتٍ كُنَّ فِى رَأْسِهِ فَعَلْتُ. وَ قَالَ: لَمْ يَخْتَضِبْ. وَ قَدِ اخْتَضَبَ اَبُوْ بَكْرٍ بِاْلحِنَّاءِ وَ اْلكَتَمِ. وَ اخْتَضَبَ عُمَرُ بِالْحِنَّاءِ بَحْتًا. مسلم 4: 1821
Dari Tsabit, ia berkata : Anas bin Malik pernah ditanya tentang apakah Nabi SAW menyemir (rambutnya), ia menjawab, "Jika aku mau menghitung uban di kepala beliau, bisa aku lakukan". Lebih lanjut Anas bin Malik berkata, "Beliau tidak pernah menyemir rambutnya. Sedangkan Abu Bakar pernah menyemir rambutnya dengan hinaa' dan katam. Dan 'Umar juga menyemir rambutnya dengan pohon hinaa' murni". [HR. Muslim juz 4, hal. 1821]
عَنْ اَنَسِ بْنِ مَالِكٍ قَالَ: يُكْرَهُ اَنْ يَنْتِفَ الرَّجُلُ الشَّعْرَةَ اْلبَيْضَاءَ مِنْ رَأْسِهِ وَ لِحْيَتِهِ. قَالَ: وَ لَمْ يَخْتَضِبْ رَسُوْلُ اللهِ ص. اِنَّمَا كَانَ اْلبَيَاضُ فِى عَنْفََقِهِ وَ فِى الصُّدْغَيْنِ وَ فِى الرَّأْسِ نَبْدٌ. مسلم 4: 1823
Dari Anas bin Malik, ia berkata, "Tidak disukai bagi seorang laki-laki mencabut rambutnya yang putih, baik yang tumbuh di kepala maupun di dagunya. Rasulullah SAW tidak pernah menyemir (rambutnya). Sesungguhnya rambut putih beliau hanya tumbuh pada rambut bawah bibir, pada kedua pelipis, dan tersebar di kepala beliau". [HR. Muslim juz 4, hal. 1821]
عَنْ اَنَسٍ اَنَّهُ سُئِلَ عَنْ شَيْبِ النَّبِيّ ص فَقَالَ: مَا شَانَهُ اللهُ بِبَيْضَاءَ. مسلم 4: 1822
Dari Anas, sesungguhnya dia pernah ditanya tentang uban Nabi SAW, maka ia menjawab, "Allah tidak menjadikan aib kepada beliau karena uban beliau". [HR. Muslim juz 3, hal. 1822]
عَنْ سِمَاكٍ بْنِ حَرْبٍ قَالَ: سَمِعْتُ جَابِرَ بْنَ سَمُرَةَ سُئِلَ عَنْ شَيْبِ النَّبِيّ ص فَقَالَ: كَانَ اِذَا دَهَنَ رَأْسَهُ لَمْ يُرَ مِنْهُ شَيْءٌ وَ اِذَا لَمْ يَدْهُنْ رُئِيَ مِنْهُ. مسلم 4: 1822
Dari Simak bin Harb, ia berkata : Aku pernah mendengar Jabir bin Samurah ditanya tentang uban Nabi SAW, maka ia menjawab, "Jika beliau meminyakinya, ubannya tidak kelihatan. Dan apabila tidak meminyaki, ubannya kelihatan". [HR. Muslim juz 4, hal. 1822]
عَنْ سِمَاكٍ اَنَّهُ سَمِعَ جَابِرَ بْنَ سَمُرَةَ يَقُوْلُ: كَانَ رَسُوْلُ اللهِ ص قَدْ شَمِطَ مُقَدَّمُ رَأْسِهِ وَ لِحْيَتِهِ. وَ كَانَ اِذَا اَدْهَنَ لَمْ يَتَبَيَّنْ. وَ اِذَا شَعِثَ رَأْسُهُ تَبَيَّنَ. وَ كَانَ كَثِيْرَ شَعْرِ اللّحْيَةِ. فَقَالَ رَجُلٌ: وَجْهُهُ مِثْلُ السَّيْفِ؟ قَالَ: لاَ، بَلْ كَانَ مِثْلَ الشَّمْسِ وَ اْلقَمَرِ وَ كَانَ مُسْتَدِيْرًا. وَ رَأَيْتُ اْلخَاتَمَ عِنْدَ كَتِفِهِ مِثْلَ بَيْضَةِ اْلحَمَامَةِ. يُشْبِهُ جَسَدَهُ. مسلم
Dari Simak, bahwa ia mendengar Jabir bin Samurah berkata, "Adalah Rasulullah SAW rambut kepala beliau bagian muka dan jenggot beliau telah beruban. Jika beliau meminyakinya, maka ubannya tidak kelihatan. Tetapi ketika rambut beliau tidak teratur, maka ubannya kelihatan. Jenggot beliau sangat lebat". Ada seorang laki-laki bertanya, "Apakah wajah beliau laksana pedang?". Jabir bin Samurah menjawab, "Tidak, wajah beliau laksana matahari dan bulan, yaitu bulat. Dan aku pernah melihat cap (tanda kenabian) pada pundak beliau seperti telur burung merpati". Demikian perawi menggambarkannya. [HR. Muslim juz 4, hal. 1823]
Bersambung……….

Cap (tanda kenabian)
عَنْ سِمَاكٍ قَالَ: سَمِعْتُ جَابِرَ بْنَ سَمُرَةَ قَالَ: رَأَيْتُ خَاتَمًا فِى ظَهْرِ رَسُوْلِ اللهِ ص، كَاَنَّهُ بَيْضَةُ حَمَامٍ. مسلم 4: 1823
Dari Simak, dia berkata : Aku mendengar Jabir bin 'Abdullah berkata, "Aku pernah melihat cap (tanda kenabian) pada punggung Rasulullah SAW bagaikan telur burung merpati". [HR. Muslim juz 4, hal. 1823]
عَنِ اْلجَعْدِ بْنِ عَبْدِ الرَّحْمنِ قَالَ: سَمِعْتُ السَّائِبَ بْنَ يَزِيْدَ يَقُوْلُ: ذَهَبْتُ بِى خَالَتِى اِلَى رَسُوْلِ اللهِ ص فَقَالَتْ: يَا رَسُوْلَ اللهِ، اِنَّ ابْنَ اُخْتِى وَجِعٌ. فَمَسَحَ رَأْسِى وَ دَعَا لِى بِاْلبَرَكَةِ. ثُمَّ تَوَضَّأَ فَشَرِبْتُ مِنْ وَضُوْئِهِ ثُمَّ قُمْتُ خَلْفَ ظَهْرِهِ فَنَظَرْتُ اِلَى خَاتَمِهِ بَيْنَ كَتِفَيْهِ مِثْلِ زِرّ ْالحَجَلَةِ. مسلم 4: 1823
Dari Ja'd bin 'Abdurrahman, ia berkata : Aku mendengar Saib bin Yazid berkata : Bibiku pernah menemui Rasulullah SAW bersamaku. Bibiku berkata, "Ya Rasulullah, sesungguhnya keponakanku ini sedang sakit". Lalu aku melihat beliau mengusap kepalaku dan mendoakan aku supaya mendapat berkah. Setelah itu beliau berwudlu. Dan aku meminum dari sisa air wudlunya. Kemudian aku berdiri di belakang beliau, maka aku melihat ada sebuah cap (tanda kenabian) diantara kedua belikat beliau seperti telur burung merpati". [HR Muslim juz 4, hal. 1823]
عَنْ عَبْدِ اللهِ بْنِ سَرْجِسَ قَالَ: رَأَيْتُ النَّبِيَّ ص وَ اَكَلْتُ مَعَهُ خُبْزًا وَ لَحْمًا اَوْ قَالَ: ثَرِيْدًا. قَالَ: فَقُلْتُ لَهُ: اَسْتَغْفَرَ لَكَ النَّبِيُّ ص؟ قَالَ: نَعَمْ، وَ لَكَ. ثُمَّ تَلاَ هذِهِ اْلايَةَ: وَ اسْتَغْفِرْ لِذَنْبِكَ وَ لِلْمُؤْمِنِيْنَ وَ ْالمُؤْمِنَاتِ. محمد: 19. قَالَ: ثُمَ دُرْتُ خَلْفَهُ فَنَظَرْتُ اِلَى خَاتَمِ النُّبُوَّةِ بَيْنَ كَتِفَيْهِ عِنْدَ نَاغِضِ كَتِفِهِ اْليُسْرَى جُمْعًا عَلَيْهِ خِيْلاَنٌ كَاَمْثاَلِ الثَّالِيْلِ. مسلم 4: 1823
Dari 'Abdullah bin Sarjis, ia berkata : Aku pernah melihat Nabi SAW dan makan roti dan daging atau bubur bersama beliau. Aku ('Ashim) bertanya kepadanya, "Apakah Nabi pernah memohon ampun untukmu ?". Dia menjawab, "Ya, dan untukmu". Selanjutnya ia membaca ayat ini, "Dan mohonlah ampun bagi dosamu dan bagi orang-orang mukmin laki-laki dan orang mukmin perempuan". (QS. Muhammad : 19). Lalu 'Abdullah bin Sarjis mengatakan, Ketika aku berpindah di belakang beliau, maka aku melihat sebuah cap kenabian diantara kedua belikat beliau bagian kiri agak atas sedikit sebesar genggaman telapak tangan. Pada cap kenabian tersebut ada tahi lalat seperti kutil". [HR. Muslim juz 4, hal. 1823]

Comments

Popular posts from this blog

Tata Pelaksanaan Ibadah Qurban Sesuai Tuntunan Rasulullah

1. Waktu penyembelihan : عَنْ اَنَسٍ قَالَ: قَالَ النَّبِيُّ ص يَوْمَ النَّحْرِ مَنْ كَانَ ذَبَحَ قَبْلَ الصَّلَاةِ فَلْيُعِدْ . متفق عليه. وللبخارى. مَنْ ذَبَحَ قَبْلَ الصَّلَاةِ فَاِنَّمَا يَذْبَحُ لِنَفْسِهِ. وَ مَنْ ذَبَحَ بَعْدَ الصَّلَاةِ فَقَدْ تَمَّ نُسُكُهُ وَ اَصَابَ سُنَّةَ الْمُسْلِمِيْنَ . البخارى عن البراء، فى نيل الاوطار 5 : 140 Dari Anas, ia berkata, Nabi SAW bersabda pada hari Nahr ('iedul Adlha), "Barangsiapa yang menyembelih sebelum shalat 'ied, maka hendaklah ia mengulangi". [Muttafaq 'alaih]. Dan bagi Bukhari : "Barangsiapa menyembelih sebelum shalat, maka sesungguhnya ia hanya menyembelih untuk dirinya sendiri (yakni tidak dinilai sebagai ibadah qurban), dan barangsiapa menyembelih sesudah shalat maka sempurnalah ibadah sembelihannya dan bersesuaianlah pelaksanaannya dengan sunnah kaum muslimin" . [HR. Bukhari dari Al-Baraa', dalam Nailul Authar juz 5, hal. 140] Berdasar riwayat dari Sulaiman Ibnu Musa

Berjabat tangan dan bermuka manis.

عَنْ اَبِى ذَرّ قَالَ: قَالَ لىِ النَّبِيُّ ص: لاَ تَحْقِرَنَّ مِنَ اْلمَعْرُوْفِ شَيْئًا وَ لَوْ اَنْ تَلْقَى اَخَاكَ بِوَجْهٍ طَلْقٍ . مسلم 4: 2026 Dari Abu Dzarr, ia berkata : Nabi SAW bersabda kepadaku, "Janganlah kamu meremehkan sesuatu kebaikan meskipun berupa kamu bertemu saudaramu dengan wajah yang berseri-seri" . [HR. Muslim juz 4, hal. 2026] عَنْ جَابِرِ بْنِ عَبْدِ اللهِ قَالَ: قَالَ رَسُوْلُ اللهِ ص: كُلُّ مَعْرُوْفٍ صَدَقَةٌ، وَ اِنَّ مِنَ اْلمَعْرُوْفِ اَنْ تَلْقَى اَخَاكَ بِوَجْهٍ طَلْقٍ، وَ اَنْ تُفْرِغَ مِنْ دَلْوِكَ فِى اِنَاءِ اَخِيْكَ . الترمذى 3: 234، و قال: هذا حديث حسن صحيح Dari Jabir bin 'Abdullah, ia berkata : Rasulullah SAW bersabda, "Setiap kebaikan adalah sedeqah, dan sesungguhnya termasuk kebaikan ialah kamu bertemu saudaramu dengan wajah yang berseri-seri, dan (termasuk kebaikan pula) kamu menuangkan air dari timbamu ke bejana saudaramu" . [HR. Tirmidzi juz 3, hal. 234, ia berkata : Ini hadits Hasan shahih

Halal Haram dalam Islam - Tentang Mengolok-olok, Su-udhan, Tajassus dan Ghibah

Firman Allah SWT : ياَيُّهَا الَّذِيْنَ امَنُوْا لاَ يَسْخَرْ قَوْمٌ مّنْ قَوْمٍ عَسى اَنْ يَّكُوْنُوْا خَيْرًا مّنْهُمْ وَ لاَ نِسَآءٌ مّنْ نّسَآءٍ عَسى اَنْ يَّكُنَّ خَيْرًا مّنْهُنَّ، وَ لاَ تَلْمِزُوْآ اَنْفُسَكُمْ وَ لاَ تَنَابَزُوْا بِاْلاَلْقَابِ، بِئْسَ اْلاِسْمُ اْلفُسُوْقُ بَعْدَ اْلاِيْمَانِ، وَ مَنْ لَّمْ يَتُبْ فَاُولئِكَ هُمُ الظَّالِمُوْنَ(11) ياَيُّهَا الَّذِيْنَ امَنُوا اجْتَنِبُوْا كَثِيْرًا مّنَ الظَّنّ، اِنَّ بَعْضَ الظَّنّ اِثْمٌ وَّ لاَ تَجَسَّسُوْا وَ لاَ يَغْتَبْ بَّعْضُكُمْ بَعْضًا، اَيُحِبُّ اَحَدُكُمْ اَنْ يَّأْكُلَ لَحْمَ اَخِيْهِ مَيْتًا فَكَرِهْتُمُوْهُ، وَ اتَّقُوا اللهَ، اِنَّ اللهَ تَوَّابٌ رَّحِيْمٌ(12) الحجرات:11-12 Hai orang-orang yang beriman janganlah suatu kaum mengolok-olok kaum yang lain (karena) boleh jadi mereka (yang diolok-olok) lebih baik dari mereka (yang mengolok-olok) dan jangan pula wanita-wanita (mengolok-olok) wanita-wanita lain (karena) boleh jadi wanita-wanita (yang diperolok-olokkan) lebih baik dari wanita (yang