1.
Waktu penyembelihan :
عَنْ
اَنَسٍ قَالَ: قَالَ النَّبِيُّ ص يَوْمَ النَّحْرِ مَنْ كَانَ ذَبَحَ قَبْلَ
الصَّلَاةِ فَلْيُعِدْ.
متفق عليه. وللبخارى.
مَنْ ذَبَحَ قَبْلَ الصَّلَاةِ فَاِنَّمَا يَذْبَحُ لِنَفْسِهِ. وَ مَنْ ذَبَحَ
بَعْدَ الصَّلَاةِ فَقَدْ تَمَّ نُسُكُهُ وَ اَصَابَ سُنَّةَ
الْمُسْلِمِيْنَ.
البخارى عن البراء، فى نيل الاوطار 5:
140
Dari
Anas, ia berkata, Nabi SAW bersabda pada hari Nahr ('iedul Adlha), "Barangsiapa
yang menyembelih sebelum shalat 'ied, maka hendaklah ia mengulangi". [Muttafaq
'alaih]. Dan bagi Bukhari : "Barangsiapa menyembelih sebelum shalat, maka
sesungguhnya ia hanya menyembelih untuk dirinya sendiri (yakni tidak dinilai
sebagai ibadah qurban), dan barangsiapa menyembelih sesudah shalat maka
sempurnalah ibadah sembelihannya dan bersesuaianlah pelaksanaannya dengan sunnah
kaum muslimin".
[HR. Bukhari dari Al-Baraa', dalam Nailul Authar juz 5, hal.
140]
Berdasar
riwayat dari Sulaiman Ibnu Musa dari Jubair Ibnu Muth'im bahwa Nabi SAW bersabda
:
كُلُّ
اَيَّامِ التَّشْرِيْقِ ذَبْحٌ.
احمد 5:
618،
رقم: 16?51
Setiap
hari Tasyriq itu adalah hari menyembelih.
[HR.Ahmad juz 5, hal. 618, no. 16751].
Dan
riwayat lain dari Ali RA yang semakna dengan yang tersebut diatas sebagai
berikut :
اَيَّامُ
النَّحْرِ يَوْمُ اْلاَضْحَى وَ ثَلَاثَةُ اَيَّامٍ بَعْدَهُ.
فى نيل الاوطار 5:
142
Hari
menyembelih itu ialah Hari Raya 'Iedul Adlha dan tiga hari
sesudahnya.
[Dalam Nailul Authar juz 5, hal. 142]
Dari
hadits-hadits tersebut dapat diambil kesimpulan bahwa waktu yang sah untuk
ibadah qurban adalah : "Sesudah shalat 'Ied hingga akhir hari Tasyriq (tanggal
10, 11, 12 dan 13 Dzulhijjah)".
Adapun
waktu pelaksanaan shalat 'Iedul Adlha, sebagaimana sabda Nabi SAW
:
قَالَ
جُنْدَبٌ، كَانَ النَّبِيُّ ص يُصَلِّى بِنَا يَوْمَ اْلفِطْرِ وَ الشَّمْسُ عَلَى
قَيْدِ رُمْحَيْنِ وَ اْلاَضْحَى عَلَى قَيْدِ رُمْحٍ.
احمد بن حسن
Telah
berkata Jundab, "Adalah Nabi SAW shalat 'Iedul Fithri bersama kami, sedang
matahari tingginya kadar dua batang tombak, dan (beliau shalat) 'Iedul Adlha
(diwaktu matahari) tingginya kadar satu batang tombak".
[HR. Ahmad bin Hasan, dalam Nailul Authar]
Inilah
waktu-waktu yang dituntunkan untuk melaksanakan ibadah qurban, tetapi bila
menyembelihnya sebelum shalat 'Iedul Adlha selesai, maka yang demikian ini tidak
dinilai sebagai ibadah qurban.
2.
Adab dan bacaan ketika menyembelih
عَنْ
اَنَسٍ قَالَ: ضَحَّى رَسُوْلُ اللهِ ص بِكَبْشَيْنِ اَمْلَحَيْنِ اَقْرَنَيْنِ.
قَالَ: وَرَأَيْتُهُ يَذْبَحُهُمَا بِيَدِهِ وَ رَأَيْتُهُ وَاضِعًا قَدَمَهُ عَلَى
صِفَاحِهِمَا، قَالَ: وَ سَمَّى وَ كَبَّرَ.
مسلم 3:
155?
Dari
Anas, ia berkata : Rasulullah SAW menyembelih qurban dengan dua ekor kibasy yang
bagus dan bertanduk". Ia (Anas) berkata, "Saya melihat beliau menyembelih
keduanya dengan tangan beliau sendiri. Dan saya melihat beliau meletakkan kaki
beliau diatas batang leher binatang itu”. Ia (Anas) berkata, "Beliau membaca
Basmalah dan bertakbir : Bismillaahi
walloohu Akbar. (Dengan nama Allah, dan Allah Maha Besar)".
[HR. Muslim juz 3, hal. 1557].
عَنْ
جَابِرِ بْنِ عَبْدِ اللهِ قَالَ: شَهِدْتُ مَعَ رَسُوْلِ اللهِ ص اْلاَضْحَى
بِالْمُصَلَّى. فَلَمَّا قَضَى خُطْبَتَهُ نَزَلَ مِنْ مِنْبَرِهِ، وَ اُتِيَ
بِكَبْشٍ فَذَبَحَهُ رَسُوْلُ اللهِ ص بِيَدِهِ وَ قَالَ: بِسْمِ اللهِ وَ اللهُ
اَكْبَرُ، ه?ذَا
عَنِّى وَ عَمَّنْ لَمْ يُضَحِّ مِنْ اُمَّتِى.
ابو داود 3:
99،
رقم:2810
Dari
Jabir bin Abdullah, ia berkata : Aku shalat ‘Iedul Adlha bersama Rasulullah SAW
di mushalla. Setelah beliau selesai berkhutbah, lalu turun dari mimbar, maka
didatangkan seekor kibasy, lalu beliau menyembelihnya dengan tangan beliau, dan
beliau mengucapkan, “Bismillaahi
walloohu Akbar, haadzaa ‘annii wa ‘amman lam yudlohhi min ummatii (Dengan
nama Allah dan Allah Maha Besar. (Qurban) ini dariku dan dari ummatku yang tidak
berqurban)”.
[HR. Abu Dawud juz 3, hal. 99, no. 2810].
عَنْ
عَائِشَةَ اَنَّ رَسُوْلَ اللهِ ص اَمَرَ بِكَبْشٍ اَقْرَنَ يَطَأُ فِى سَوَادٍ وَ
يَبْرُكُ فِى سَوَادٍ وَ يَنْظُرُ فِى سَوَادٍ. فَاُتِيَ بِهِ لِيُضَحِّيَ بِهِ،
فَقَالَ لَهَا: يَا عَائِشَةُ، هَلُمِّى الْمُدْيَةَ. ثُمَّ قَالَ: اِشْحَذِيْهَا
بِحَجَرٍ. فَفَعَلَتْ. ثُمَّ اَخَذَهَا وَ اَخَذَ اْلكَبْشَ فَاَضْجَعَهُ ثُمَّ
ذَبَحَهُ. ثُمَّ قَالَ: بِاسْمِ اللهِ اَللّ?هُمَّ
تَقَبَّلْ مِنْ مُحَمَّدٍ وَ آلِ مُحَمَّدٍ وَ مِنْ اُمَّةِ مُحَمَّدٍ. ثُمَّ
ضَحَّى بِهِ.
مسلم 3:
155?
Dari
‘Aisyah, bahwasanya Rasulullah SAW menyuruh mengambilkan kambing yang bertanduk,
hitam kakinya, hitam perutnya, hitam sekeliling matanya. Lalu kambing itu
didatangkan untuk disembelih. Maka beliau SAW bersabda, “Hai ‘Aisyah,
ambilkanlah pisau”. Beliau bersabda lagi, “Asahlah pisau itu dengan batu”.
Kemudian ‘Aisyah melaksanakannya. Kemudian beliau mengambil pisau dan kambing
tersebut, lalu membaringkannya untuk menyembelihnya. Beliau membaca, “Bismillaahi Alloohumma taqobbal min
Muhammadin wa aali Muhammadin wa min ummati Muhammadin (Dengan nama Allah,
ya Allah, terimalah dari Muhammad, keluarga Muhammad dan dari ummat Muhammad)”.
Kemudian beliau menyembelihnya.
[HR. Muslim juz 3, hal. 1557].
عَنْ
جَابِرِ بْنِ عَبْدِ اللهِ قَالَ: ضَحَّى رَسُوْلُ اللهِ ص يَوْمَ عِيْدٍ
بِكَبْشَيْنِ، فَقَالَ حِيْنَ وَجَّهَهُمَا: اِنِّيْ وَجَّهْتُ وَجْهِيَ لِلَّذِيْ
فَطَرَ السَّم?و?تِ
وَ اْلاَرْضَ حَنِيْفًا وَّ مَا اَنَا مِنَ الْمُشْرِكِيْنَ. اِنَّ صَلَاتِيْ وَ
نُسُكِيْ وَ مَحْيَايَ وَ مَمَاتِيْ لِلّ?هِ
رَبِّ اْلعَالَمِيْنَ، لَا شَرِيْكَ لَهُ وَ بِذ?لِكَ
اُمِرْتُ وَ اَنَا اَوَّلُ الْمُسْلِمِيْنَ. اَللّ?هُمَّ
مِنْكَ وَ لَكَ عَنْ مُحَمَّدٍ وَ اُمَّتِهِ.
ابن
ماجه 2:
1043،
رقم: 3121
Dari
Jabir bin 'Abdullah, ia berkata : Pada hari 'Iedul Adlha Rasulullah SAW
berqurban dengan dua ekor kambing, maka ketika melaksanakan itu beliau berdoa
Innii wajjahtu wajhiya lilladzii fathoros
samaawaati wal ardlo haniifaw wa maa ana minal musyrikiin. Inna sholaatii wa
nusukii wa mahyaaya wa mamaatii lillaahi robbil 'aalamiin. Laa syariika lahu wa
bidzaalika umirtu wa ana awwalul muslimiin. Alloohumma minka wa laka 'an
Muhammadin wa ummatihi (Sesungguhnya aku menghadapkan diriku kepada Tuhan
Yang menciptakan langit dan bumi dengan cenderung kepada agama yang benar, dan
aku bukanlah termasuk orang-orang yang musyrik. Sesungguhnya shalatku, ibadahku,
hidupku dan matiku hanyalah untuk Allah Tuhan semesta alam. Tidak ada sekutu
bagi-Nya, dan demikian itulah yang diperintahkan kepadaku dan aku adalah orang
yang pertama-tama menyerahkan diri (kepada Allah). Ya Allah, (semua ini) dari
Engkau dan untuk Engkau, dari Muhammad dan ummatnya).
[HR. Ibnu Majah, juz 2, hal. 1043, no. 3121, dla'if, karena dalam sanadnya ada
perawI bernama Abu 'Ayyaasy, ia majhul].
عَنْ
شَدَّادِ بْنِ اَوْسٍ قَالَ: ثِنْتَانِ حَفِظْتُهُمَا مِنْ رَسُوْلِ اللهِ ص.
قَالَ: اِنَّ اللهَ كَتَبَ اْلاِحْسَانَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ. فَاِذَا قَتَلْتُمْ
فَاَحْسِنُوا اْلقِتْلَةَ وَ اِذَا ذَبَحْتُمْ فَاَحْسِنُوا الذَّبْحَ وَ لْيُحِدَّ
اَحَدُكُمْ شَفْرَتَهُ فَلْيُرِحْ ذَبِيْحَتَهُ.
مسلم 3:
1548
Dari
Syaddad bin Aus, ia berkata : Dua hal yang aku hafal dari Rasulullah SAW, beliau
bersabda, “Sesungguhnya Allah mewajibkan berbuat baik pada segala sesuatu. Maka
apabila kalian membunuh, bunuhlah dengan baik. Dan apabila kalian menyembelih,
sembelihlah dengan baik, hendaklah seseorang diantara kalian menajamkan
pisaunya, dan mempermudah (kematian) binatang sembelihannya”.
[HR. Muslim juz 3, hal. 1548].
3.
Syarat-syarat binatang qurban
a). Binatang yang diperuntukkan qurban sepanjang
tuntunan Rasulullah SAW adalah : Unta, lembu, dan kambing. Dan kadar
masing-masing berdasar dhahir hadits/riwayat :
*
1 ekor kambing untuk seorang bersama ahli rumahnya.
* 1 ekor lembu untuk 7 orang beserta ahli
rumahnya.
* 1 ekor unta untuk 7 - 10 orang dan ahli
rumahnya.
عَنْ
عَطَاءِ بْنِ يَسَارٍ قَالَ: سَأَلْتُ اَبَا اَيُّوْبَ اْلاَنْصَارِيَّ: كَيْفَ
كَانَتِ الضَّحَايَا فِيْكُمْ عَلَى عَهْدِ رَسُوْلِ اللهِ ص؟ قَالَ: كَانَ
الرَّجُلُ فِى عَهْدِ النَّبِيِّ ص يُضَحِّى بِالشَّاةِ عَنْهُ وَ عَنْ اَهْلِ
بَيْتِهِ. فَيَأْكُلُوْنَ وَ يُطْعِمُوْنَ حَتَّى تَبَاهَى النَّاسُ فَصَارَ كَمَا
تَرَى.
ابن
ماجه و الترمذى و صححه، فى نيل الاوطار 5:
136
Dari
'Atha' bin Yasar dia berkata : Saya bertanya kepada Abu Ayyub Al-Anshariy,
"Bagaimanakah udlhiyah yang dilakukan di masa Rasulullah SAW ?". Jawabnya,
"Seorang laki-laki di zaman Rasulullah SAW menyembelih seekor kambing untuknya
dan untuk ahli baitnya (rumah tangganya), lalu mereka makan dagingnya itu dan
memberi makan kepada orang lain, sehingga manusia bermegah-megah dengan qurban
itu sehingga menjadi seperti yang engkau saksikan sekarang ini".
[HR. Ibnu Majah dan Tirmidzi, dan ia menshahihkannya, dalam Nailul Authar juz 5,
hal. 136].
عَنْ
جَابِرِ بْنِ عَبْدِ اللهِ قَالَ: نَحَرْنَا مَعَ رَسُوْلِ اللهِ ص عَامَ
اْلحُدَيْبِيَّةِ اْلبَدَنَةَ عَنْ سَبْعَةٍ وَ اْلبَقَرَةَ عَنْ
سَبْعَةٍ.
مسلم 2:
955
Dari
Jabir bin ’Abdullah, ia berkata, “Kami menyembelih qurban bersama Rasulullah SAW
pada tahun Hudaibiyah, seekor unta untuk 7 orang dan seekor lembu untuk 7
orang".
[HR Muslim juz 2, hal. 955].
عَنِ
ابْنِ عَبَّاسٍ قَالَ: كُنَّا مَعَ النَّبِيِّ ص فِى سَفَرٍ فَحَضَرَ اْلاَضْحَى
فَذَبَحْنَا اْلبَقَرَةَ عَنْ سَبْعَةٍ وَ اْلبَعِيْرَ عَنْ عَشْرَةٍ.
الخمسة
الا ابا داود
Dari
Ibnu Abbas, ia berkata, "Dulu kami pergi bersama Rasulullah SAW, lalu tiba Hari
Raya 'Iedul Adlha, maka kami menyembelih qurban seekor lembu untuk tujuh orang
dan seekor unta (ba'ir) untuk sepuluh orang".
[HR. Khamsah, kecuali Abu Dawud].
عَنْ
اَبِى رَافِعٍ رض قَالَ: ضَحَّى رَسُوْلُ اللهِ ص بِكَبْشَيْنِ اَمْلَحَيْنِ
مَوْجُوْءَيْنِ خَصِيَّيْنِ.
احمد فى نيل الاوطار 5:
135
Dari
Abu Rafi’ RA, ia berkata, “Rasulullah SAW pernah berqurban dua ekor kambing
kibasy yang bagus yang dikebiri”.
[HR. Ahmad, dalam Nailul Authar juz 5, hal. 135].
عَنْ
عَائِشَةَ رض قَالَتْ: ضَحَّى رَسُوْلُ اللهِ ص بِكَبْشَيْنِ سَمِيْنَيْنِ
عَظِيْمَيْنِ اَقْرَنَيْنِ مَوْجُوْءَيْنِ.
احمد،
فى نيل الاوطار 5:
135
Dari
‘Aisyah RA, ia berkata : Rasulullah SAW menyembelih qurban dengan dua kambing
kibasy yang gemuk, besar, bertanduk yang dikebiri.
[HR. Ahmad, dalam Nailul Authar juz 5, hal. 135].
عَنِ
ابْنِ عَبَّاسٍ قَالَ: قَلَّتِ اْلاِبِلُ عَلَى عَهْدِ رَسُوْلِ اللهِ ص
فَاَمَرَهُمْ اَنْ يَنْحَرُوا اْلبَقَرَ.
ابن ماجه 2:
104?،
رقم: 3134
Dari
Ibnu 'Abbas, ia berkata : Pernah terjadi pada jaman Rasulullah SAW (jumlah) unta
sedikit, maka beliau menyuruh para shahabat berqurban dengan
lembu.
[HR. Ibnu Majah juz 2, hal. 1047, no. 3134]
Catatan
:
Masing-masing
orang yang turut andil dalam qurban dengan unta/lembu tidak harus sama biaya
yang dikeluarkannya, yang penting seekor lembu untuk tujuh orang dan seekor unta
digunakan untuk 7-10 orang. Adapun tentang qurban urunan kambing yang biasa
dilakukan disekolah-sekolah/kantor, sampai kini kami masih berpendapat : Bahwa
hal itu tidak dapat dianggap sebagai ibadah qurban, melainkan tetap sebagai
latihan qurban, yang pahalanya adalah sedekah biasa.
b).
Tidak sah berqurban dengan binatang yang :
1.
Rusak matanya (buta, juling/kero) sebelah atau
kedua-duanya.
2. Terlalu kurus, tak bergajih/terlalu tua tak
bersumsum lagi atau patah tanduk/putus telinganya.
3. Sakit.
4. Pincang.
Sebagaimana
hadits di bawah ini :
عَنِ
اْلبَرَاءِ بْنِ عَازِبٍ رض قَالَ: قَامَ فِيْنَا رَسُوْلُ اللهِ ص فَقَالَ:
اَرْبَعٌ لَا تَجُوْزُ فِى الضَّحَايَا. اَلْعَوْرَاءُ اْلبَيِّنُ عَوَرُهَا، وَ
الْمَرِيْضَةُ اْلبَيِّنُ مَرَضُهَا، وَ اْلعَرْجَاءُ اْلبَيِّنُ ظَلَعُهَا وَ
اْلكَبِيْرَةُ الَّتِى لَا تُنْقِى.
احمد والاربعة و صححه الترمذى و ابن حبان، فى بلوغ المرام رقم: 13?2
Dari
Baraa' bin 'Azib RA, ia berkata : Nabi SAW berdiri diantara kami dan bersabda,
"Empat macam yang tidak boleh pada binatang qurban, yaitu: 1. Buta sebelah yang
nyata butanya. 2. Yang sakit nyata sakitnya, 3. Yang pincang yang nyata
pincangnya, dan 4. Yang tua yang tidak mempunyai sumsum".
[HR. Ahmad dan Arba'ah, dan disahkan oleh Tirmidzi dan Ibnu Hibban, dalam
Bulughul Maram, no. 1376].
عَنْ
عَلِيٍّ رض قَالَ: اَمَرَنَا رَسُوْلُ اللهِ ص اَنْ نَسْتَشْرِفَ اْلعَيْنَ وَ
اْلاُذُنَ وَ اَنْ لَا نُضَحِّيَ بِمُقَابَلَةٍ وَ لَا مُدَابَرَةٍ وَ لَا
شَرْقَاءَ وَ لَا خَرْقَاءَ.
الخمسة
و صححه الترمذى، فى نيل الاوطار 5:
133
Dari
‘Ali RA, ia berkata : Rasulullah SAW menyuruh kepada kami supaya memeriksa mata
dan telinga, dan supaya kami tidak berqurban dengan binatang yang telinganya
sobek dari bagian muka, yang telinganya sobek dari bagian belakang, yang
telinganya sobek dari ujungnya, dan yang berlubang di tengahnya”.
[HR. Khomsah, dan dishahihkan oleh Tirmidzi, dalam Nailul Authar juz 5, hal.
133].
عَنْ
عَلِيٍّ رض قَالَ: نَهَى رَسُوْلُ اللهِ ص اَنْ يُضَحَّى بِاَعْضَبِ اْلقَرْنِ وَ
اْلاُذُنِ.
الخمسة وصححه الترمذى، فى نيل الاوطار 5:
131
Dari
Ali RA, ia berkata, "Rasulullah SAW melarang berqurban dengan binatang yang
tanduknya atau telinganya hilang separo atau lebih".
[HR. Khomsah, disahkan oleh Tirmidzi, dalam Nailul Authar juz 5, hal.
131].
c). Keadaan masing-masing binatang qurban itu telah
Musinnah (giginya telah berganti/powel). Dan hal ini terjadi pada :
Kambing
yang berumur 1 tahun masuk tahun ke 2, lembu yang berumur 2 tahun masuk tahun ke
3 dan unta yang berumur 5 tahun masuk tahun ke 6. Kecuali bila terpaksa sekali,
maka bolehlah berqurban dengan kambing yang jadza'ah (berumur cukup 1 tahun).
Sebagaimana hadits yang diriwayatkan oleh Muslim dari Jabir sebagai beriktut
:
عَنْ
جَابِرٍ قَالَ: قَالَ رَسُوْلُ اللهِ ص لَا تَذْبَحُوْا اِلَّا مُسِنَّةً اِلَّا
اَنْ يَعْسُرَ عَلَيْكُمْ فَتَذْبَحُوْا جَذَعَةً مِنَ الضَّأْنِ.
مسلم 3:
1555
Dari
Jabir, ia berkata : Rasulullah SAW bersabda, "Janganlah kalian menyembelih untuk
qurban melainkan yang Musinnah (telah berganti gigi) kecuali jika sukar
didapati, maka boleh kalian menyembelih jadza'ah (yang berumur 1 tahun) dari
kambing”.
[HR. Muslim juz 3, hal. 1555].
4.
Pembagian daging Udlhiyah
Pembagian
daging udlhiyah itu ialah sebagian untuk yang berqurban, sebagian untuk
dihadiahkan, dan sebagian diberikan kepada faqir miskin. Ibnu Abbas ketika
menerangkan sifat Nabi SAW ketika berqurban sebagai berikut
:
وَ
يُطْعِمُ اَهْلَ بَيْتِهِ الثُّلُثَ وَ يُطْعِمُ فُقَرَاءَ جِيْرَانِهِ الثُّلُثَ
وَ يَتَصَدَّقُ عَلَى السُّؤَالِ بِالثُّلُثِ.
المغنى 3:
582
Dan
beliau (Rasulullah SAW) memberi makan ahlul baitnya sepertiga, memberi makan
orang-orang faqir tetangganya sepertiga, dan beliau mensedekahkan kepada para
peminta sepertiga.
[Al-Mughni 3 : 582].
5.
Daging Udlhiyah tidak boleh diberikan sebagai upah
Daging
udlhiyah itu tidak boleh diberikan sebagai upah kepada yang menyembelih. Di
dalam hadits disebutkan :
عَنْ
عَلِيِّ بْنِ اَبِى طَالِبٍ رض قَالَ: اَمَرَنِى رَسُوْلُ اللهِ ص اَنْ اَقُوْمَ
عَلَى بُدْنِهِ وَ اَنْ اُقَسِّمَ لُحُوْمَهَا وَ جُلُوْدَهَا وَ جِلَالهَاَ عَلَى
الْمَسَاكِيْنِ وَ لَا اُعْطِيَ فِىْ جَزَارَتِهَا شَيْئًا مِنْهَا.
البخارى
و مسلم، فى بلوغ المرام، رقم 13?9
Dari
'Ali bin Abi Thalib RA, ia berkata, "Saya diperintahkan oleh Rasulullah SAW
untuk mengurus qurban-qurban dan supaya saya bagikan daging, kulitnya dan
pelananya kepada faqir miskin, dan tidak (boleh) saya memberikan sesuatu sebagai
upah dari padanya untuk orang yang menyembelih".
[HR. Bukhari dan Muslim, dalam Bulughul Maram, no. 1379].
6.
Larangan menjual daging Udlhiyah
عَنْ
قَتَادَةَ بْنِ النُّعْمَانِ اَنَّ النَّبِيَّ ص قَالَ: لَا تَبِيْعُوْا لُحُوْمَ
اْلهَدْيِ وَ اْلاَضَاحِى فَكُلُوْا وَ تَصَدَّقُوْا وَ اسْتَمْتِعُوْا
بِجُلُوْدِهَا وَ لَا تَبِيْعُوْهَا، وَ اِنْ اُطْعِمْتُمْ مِنْ لَحْمِهَا
فَكُلُوْا اِنْ شِئْتُمْ.
احمد 5:
4?8،
رقم: 16211
Dari
Qatadah bin Nu’man, bahwasanya Nabi SAW bersabda, “Janganlah kalian menjual
daging-daging Hadyi (denda hajji) dan daging udlhiyah (qurban), makanlah dan
sedeqahkanlah dan manfaatkanlah kulitnya, dan janganlah kalian menjualnya. Dan
apabila kalian diberi dagingnya, maka makanlah jika kalian mau”.
[HR. Ahmad 5 : 478, no. 16211].
7. Orang yang akan berqurban dilarang memotong
rambut dan kukunya
عَنْ
اُمِّ سَلَمَةَ اَنَّ النَّبِيَّ ص قَالَ: اِذَا رَأَيْتُمْ هِلَالَ ذِى اْلحِجَّةِ
وَ اَرَادَ اَحَدُكُمْ اَنْ يُضَحِّيَ فَلْيُمْسِكْ عَنْ شَعْرِهِ وَ
اَظْفَارِهِ.
مسلم
3:
1565
Dari
Ummu Salamah, bahwasanya Nabi SAW bersabda, “Apabila kalian sudah melihat hilal
bulan Dzulhijjah, dan seseorang diantara kalian ingin berqurban, maka hendaklah
ia menahan rambut dan kukunya”.
[HR. Muslim juz 3, hal. 1565]
Comments
Post a Comment