Adab mengerjakan shalat 'Ied dan sunnah-sunnahnya
1.
Mandi dahulu
قَالَ
النَّبِيُّ ص يَا مَعْشَرَ اْلمُسْلِمِيْنَ، اِنَّ هذَا (يَوْمَ اْلجُمُعَةِ)
يَوْمٌ جَعَلَهُ اللهُ تَعَالَى عِيْدًا فَاغْسِلُوْا.
مالك
Bersabda Nabi SAW, "Hai kaum Muslimin, hari
(Jum'ah) ini adalah satu hari yang Allah Ta’ala jadikan hari raya. Karena itu hendaklah kamu mandi". [HR. Malik]
Keterangan :
Menurut hadits tersebut, hari Jum'ah
dipandang sebagai hari raya dan kita disuruh mandi padanya. Dengan demikian dapat
difaham, bahwa mandi pada hari raya adalah lebih
utama.
2.
Berpakaian dengan pakaian yang baik, bila ada
رُوِيَ
اَنَّ النَّبِيَّ ص كَانَ يَلْبَسُ بُرْدَ حِبَرَةٍ فِى كُلّ عِيْدٍ.
الشافعى
Diriwayatkan bahwasanya Nabi SAW biasa
memakai kain buatan Yaman pada tiap-tiap hari raya. [HR. Syafi'i dalam Nailul
Authar]
3.
Makan sebelum berangkat
قَالَ
بُرَيْدَةُ، كَانَ رَسُوْلُ اللهِ ص لاَ يَغْدُوْ يَوْمَ اْلفِطْرِ حَتَّى يَأْكُلَ
وَ لاَ يَأْكُلُ يَوْمَ اْلاَضْحَى حَتَّى يَرْجِعَ.
الدارقطنى و ابن ماجه و الترمذى
Telah berkata Buraidah, "Biasanya Rasulullah
SAW tidak pergi Shalat Hari Raya 'Iedul Fithri melainkan sesudah
makan. Dan pada Hari Raya 'Iedul
Adha beliau tidak makan kecuali sesudah kembali dari shalat". [HR. Daruquthni, Ibnu Majah dan Tirmidzi
dalam Nailul Authar]
4.
Mengambil dua jalan
قَالَ
اَبُوْ هُرَيْرَةَ: كَانَ النَّبِيُّ ص اِذَا خَرَجَ اِلَى اْلعِيْدِ يَرْجِعُ فِىْ
غَيْرِ الطَّرِيْقِ الَّذِيْ خَرَجَ فِيْهِ.
احمد و مسلم و الترمذى فى نيل
الاوطار
Telah berkata Abu Hurairah, "Biasanya Nabi
SAW apabila keluar untuk Shalat Hari Raya, beliau kembali dengan mengambil jalan
lain dari yang telah dilalui waktu pergi". [HR. Ahmad, Muslim dan Tirmidzi dalam
Nailul Authar]
5.
Waktu dan tempat takbir hari raya
قَالَ
الزُّهْرِيُّ:كَانَ النَّبِيُّ ص يَخْرُجُ يَوْمَ اْلفِطْرِ فَيُكَبّرُ مِنْ حِيْنِ يَخْرُجُ مِنْ بَيْتِهِ حَتَّى
يَأْتِيَ اْلمُصَلَّى.
ابو بكر، مرسل فى نيل الاوطار
Telah berkata Az-Zuhriy, "Bahwasanya Nabi
SAW keluar untuk shalat Hari Raya 'Iedul Fithri dengan takbir mulai dari
rumahnya hingga tiba ditempat shalat". [HR. Abu Bakar, mursal dalam Nailul
Authar]
قَالَ
ابْنُ عُمَرَ: اِنَّ النَّبِيَّ ص كَانَ
يَرْفَعُ صَوْتَهُ بِالتَّكْبِيْرِ وَ التَّهْلِيْلِ حِيْنَ خُرُوْجِهِ
اِلَى اْلعِيْدِ يَوْمَ اْلفِطْرِ حَتَّى يَأْتِيَ اْلمُصَلَّى.
البيهقى و الحاكم، في نيل الاوطار، ضعيف موقوف
Telah berkata Ibnu Umar, "Bahwasanya Nabi
SAW bertakbir dan bertahlil dengan suara keras ketika keluar pergi shalat hari
Raya 'Iedul Fithri hingga tiba di tempat shalat". [HR. Baihaqi dan Hakim, Dlaif, mauquf dalam
Nailul Authar]
قَالَ
النَّبِيُّ ص:زَيّنُوْا اَعْيَادَكُمْ بِالتَّكْبِيْرِ.الطبراني،
غريب، في نيل الاوطار
Nabi SAW bersabda, "Hiasilah Hari Raya-Hari
Raya kamu dengan takbir". [HR. Thabrani, Gharib, dalam Nailul
Authar]
Waktu dan tempat bertakbir hari raya menurut hadits yang
shahih
قَالَتْ
اُمُّ عَطِيَّةَ: اَمَرَ رَسُوْلُ اللهِ ص اَنْ نُخْرِجَهُنَّ فيِ اْلفِطْرِ وَ
اْلاَضْحَى اْلعَوَاطِقَ وَ اْلحُيَّضَ وَ ذَوَاتِ اْلخُدُوْرِ، فَاَمَّا
اْلحُيَّضُ فَيَعْتَزِلْنَ الصَّلاَةَ.
مسلم
Telah berkata Ummu 'Athiyah, "Rasulullah SAW
memerintahkan kepada kami untuk membawa keluar anak-anak perempuan yang hampir
baligh, perempuan-perempuan haidl dan anak-anak perempuan yang masih gadis, pada
Hari Raya 'Iedul Fithri dan 'Iedul Adha.
Adapun wanita-wanita yang haidl itu mereka tidak shalat". [HSR.
Muslim]
و
للبخاري قَالَتْ
اُمُّ عَطِيَّةَ: كُنَّا نُؤْمَرُ اَنْ نُخْرِجَ اْلحُيَّضَ فَيُكَبّرْنَ
بِتَكْبِيْرِهِمْ.
في نيل الاوطار
Dan bagi Imam Bukhari, Ummu 'Athiyah
berkata, "Kita diperintahkan supaya membawa keluar wanita-wanita haidl lalu
bertakbir bersama-sama dengan orang banyak". [Dalam Nailul
Authar]
Dari hadits shahih di atas dapat kita fahami
bahwa takbir Hari Raya itu dilaksanakan pada waktu tiba di tempat shalat sampai
berdirinya shalat.
6.
Waktu shalat hari raya
قَالَ
جُنْدَبٌ:كَانَ النَّبِيُّ ص يُصَلّى بِنَا يَوْمَ اْلفِطْرِ وَالشَّمْسُ عَلَى
قَيْدِ رُمْحَيْنِ وَ اْلاَضْحَى عَلَى قَيْدِ رُمْحٍ.
احمد بن حسن، في نيل الاوطار
Telah berkata Jundab, "Adalah Nabi SAW
shalat Hari Raya 'Iedul Fithri bersama kami di waktu matahari tingginya sekadar
dua batang tombak dan beliau shalat Hari Raya 'Iedul Adha diwaktu matahari
tingginya sekadar satu batang tombak". [HR. Ahmad bin Hasan dalam Nailul
Authar]
Keterangan :
Menurut riwayat di atas, waktu shalat Hari
Raya 'Iedul Adha itu lebih pagi daripada waktu shalat Hari Raya 'Iedul
Fithri.
7. Shalat sebelum
khutbah
قَالَ
ابْنُ عُمَرَ: كَانَ رَسُوْلُ اللهِ ص وَ اَبُوْ بَكْرٍ وَ عُمَرُ يُصَلُّوْنَ
اْلعِيْدَيْنِ قَبْلَ اْلخُطْبَةِ.
البخارى
Telah berkata Ibnu Umar, "Biasanya
Rasulullah SAW, Abu Bakar dan Umar shalat dua Hari Raya sebelum
khutbah". [HR.
Bukhari]
Maksudnya : Rasulullah SAW dan shahabat-shahabatnya
mengerjakan shalat 'Iedul Fithri dan 'Iedul Adha sebelum
khutbah.
8.
Shalat hari raya tanpa adzan dan iqamah
قَالَ
جَابِرُ بْنُ سَمُرَةَ: صَلَّيْتُ مَعَ النَّبِيّ ص اْلعِيْدَ غَيْرَ مَرَّةٍ وَلاَ
مَرَّتَيْنِ بِغَيْرِ اَذَانٍ وَ لاَ اِقَامَةٍ.
مسلم
Telah berkata Jabir bin Samurah, "Saya
shalat Hari Raya bersama Rasulullah SAW bukan hanya sekali atau dua kali,
(semuanya) tanpa adzan dan iqamah". [HSR.
Muslim]
Maksud dari riwayat di atas menunjukkan
bahwa Rasulullah SAW shalat Hari Raya 'Iedul Fithri dan Hari Raya 'Iedul Adha
tanpa adzan dan iqamah.
9.
Hari raya pada hari Jum'ah
قَالَ
النَّبِيُّ ص: اِجْتَمَعَ فيِ يَوْمِكُمْ هذَا عِيْدَانِ، فَمَنْ شَاءَ اَجْزَأَهُ
مِنَ اْلجُمُعَةِ وَ اِنَّا مُجَمّعُوْنَ.
ابو داود و ابن ماجه
Nabi SAW bersabda, "Telah terhimpun pada
hari ini dua hari raya (hari Raya dan Jum'ah). Maka barangsiapa mau, cukuplah
shalat ini buat dia, tidak perlu lagi shalat Jum'ah, tetapi kami tetap akan
mendirikan shalat Jum'ah".
[HR. Abu Dawud dan Ibnu Majah]
10. Shalat dan khutbah di tanah
lapang
رُوِيَ
عَنْ اَبِى هُرَيْرَةَ اَنَّهُمْ اَصَابَهُمْ مَطَرٌ فيِ عِيْدٍ فَصَلَّى
بِهِمُ النَّبِيُّ ص صَلاَةَ الْعِيْدِ
فيِ اْلمَسْجِدِ.
ابو داود
Diriwayatkan dari Abu Hurairah bahwasanya
pada suatu hari Raya mereka telah kehujanan, maka Nabi SAW mengerjakan shalat
Hari Raya bersama mereka di masjid. [HR. Abu Dawud]
Keterangan
:
Hadits ini diriwayatkan oleh Abu Dawud,
menurut derajatnya hadits ini Layyin (lemah).
Menurut kebiasaan memang Nabi SAW
mengerjakan shalat dan khutbah hari Raya di tanah lapang. Tetapi hal itu tidak
menunjukkan kepada hukum wajib. Sesuatu perbuatan bisa
menunjukkan kepada hukum wajib jika disertai dengan
perintah.
Kebanyakan ulama
memandang bahwa Nabi SAW mengerjakan yang demikian itu bukan karena tidak shah
dikerjakan di masjid, tetapi karena tak cukup tempat di masjid, sebab pada waktu
itu orang-orang yang berkumpul pada hari Raya lebih banyak dari pada hari-hari
yang lain.
Dari seluruh pembicaraan tersebut, nyatalah
bahwa shalat Hari Raya di masjid itu tidak terlarang, apalagi jika turun hujan
atau lain-lain halangan.
Oleh karena itu perkataan Abu Hurairah tadi walaupun lemah
riwayatnya tetapi shahih maknanya. Perlu dijelaskan bahwa Rasulullah
biasa shalat di tanah lapang itu diambil dari perkataan Mushalla yang artinya
sebagai berikut :
اَلْمُصَلَّى
مَوْضِعٌ بِبَابِ اْلمَدِيْنَةِ الشَّرْقِيّ.
فقه السنة
"Mushalla itu adalah suatu tempat di pintu
gerbang Madinah sebelah timur". [Fiqhus Sunnah]
اَلْمُصَلَّى
مَوْضِعٌ بَيْنَهُ وَ بَيْنَ اْلمَسْجِدِ
اَلْفَ ذِرَاعٍ.
فقه السنة
"Mushalla itu tempatnya sejauh 1.000 hasta
dari masjid Madinah"
[Fiqhus Sunnah]
Jadi jelaslah bahwa
Rasulullah SAW jika shalat Hari Raya itu di tanah lapang.
11. Takbir dalam shalat pada dua hari
raya
Takbir shalat pada dua Hari Raya (Hari Raya
'Iedul Fithri dan 'Iedul Adha), dilaksanakan dengan 7 kali pada rekaat pertama,
dan 5 kali pada rekaat yang kedua sebelum membaca
Al-Fatihah.
Hal ini sesuai dengan sabda Nabi SAW maupun
perbuatan para shahabat.
Diriwayatkan oleh Abu Dawud :
عَنْ
عَبْدِ اللهِ بْنِ عَمْرِو بْنِ اْلعَاصِ قَالَ:قَالَ نَبِيُّ اللهِ ص:
اَلتَّكْبِيْرُ فيِ اْلفِطْرِ سَبْعٌ فيِ اْلاُوْلَى وَ خَمْسٌ فيِ اْلآخِرَةِ وَ
اْلقِرَاءَةُ بَعْدَهُمَا كِلْتَيْهِمَا.
ابو داود
Dari ‘Abdullah bin ‘Amr bin Al-’Ash, ia berkata : Nabi Allah SAW bersabda,
“Takbir pada (shalat) "Iedul Fithri adalah 7
kali di rekaat pertama dan 5 kali di rekaat yang akhir (kedua) dan ada bacaan
sesudah kedua-duanya itu".
[HR. Abu Dawud]
عَنْ
عَمْرِو بْنِ شُعَيْبٍ عَنْ اَبِيْهِ عَنْ جَدّهِ اَنَّ رَسُوْلَ اللهِ ص كَبَّرَ
فِى اْلعِيْدِ يَوْمَ اْلفِطْرِ سَبْعًا فِى اْلاُوْلىَ وَ فِى اْلاخِرَةِ خَمْسًا
سِوَى تَكْبِيْرَةِ الصَّلاَةِ.
الدارقطنى
2: 48
Dari 'Amr bin Syu'aib, dari bapaknya, dari
kakeknya, bahwasanya Rasulullah SAW bertakbir dalam shalat hari raya 'Iedul
Fithri tujuh takbir pada rekaat pertama dan lima
takbir pada rekaat kedua, selain takbir (yang biasa dalam)
shalat. [HR. Daruquthni,
juz 2, hal. 48]
Tentang atsar (perbuatan) para shahabat,
diriwayatkan :
عَنْ
نَافِعٍ مَوْلىَ عَبْدِ اللهِ بْنِ عُمَرَ اَنَّهُ قَالَ: شَهِدْتُ اْلاَضْحَى وَ
اْلفِطْرَ مَعَ اَبِى هُرَيْرَةَ فَكَبَّرَ فيِ الرَّكْعَةِ اْلاُوْلىَ سَبْعَ
تَكْبِيْرَاتٍ قَبْلَ اْلقِرَاءَةِ وَ فِى اْلآخِرَةِ خَمْسَ تَكْبِيْرَاتٍ قَبْلَ
اْلقِرَاءَةِ.
مالك
Dari Nafi', maula Abdullah bin 'Umar, bahwa
dia berkata, "Aku pernah menyaksikan 'Iedul Adha dan 'Iedul Fithri bersama Abu
Hurairah. Maka ia bertakbir di rekaat pertama 7 takbir
sebelum membaca, dan di rekaat kedua 5 takbir sebelum membaca". [HR. Malik]
عَنْ
عَطَاءٍ قَالَ: كَانَ ابْنُ عَبَّاسٍ يُكَبّرُ فيِ اْلعِيْدَيْنِ ثِنْتَيْ عَشْرَةَ
تَكْبِيْرَةً. سَبْعٌ فيِ اْلاُوْلىَ وَ خَمْسٌ فيِ اْلآخِرَةِ.
البيهقى
Dari 'Atha', ia
berkata, "Adalah Ibnu 'Abbas bertakbir di dua Hari Raya 12 takbir, yaitu 7 di
rekaat pertama dan 5 di rekaat yang kedua". [HR. Baihaqi]
12. Bacaan takbir hari
raya
Bacaan Takbir
pada hari Raya yang bersumber dari shahabat Umar dan Ibnu Mas'ud adalah :
اَللهُ
اَكْبَرُ اَللهُ اَكْبَرُ، لاَ اِلهَ اِلاَّ اللهُ وَ اللهُ اَكْبَرُ،اَللهُ
اَكْبَرُ وَ ِللهِ اْلحَمْدُ.
فى نيل الاوطار
3 :358،
فقه السنة 1:
275
(Alloohu Akbar,
Alloohu Akbar, Laa ilaaha illalloohu walloohu Akbar Alloohu Akbar wa lillaahil-hamdu).
Allah Maha Besar, Allah Maha Besar. Tidak ada Tuhan (yang sebenarnya) melainkan Allah, dan Allah Maha
Besar. Allah Maha Besar dan kepunyaan Allah-lah segala
pujian. [Dalam Nailul Authar juz 3 hal. 358, Fiqhus
Sunnah juz 1 hal. 275]
13. Ucapan pada hari
raya
تَقَبَّلَ اللهُ مِنَّا وَ مِنْكُمْ
"Semoga Allah menerima amalan kami dan
amalan kamu"
Jubair bin
Nufair meriwayatkan :
كَانَ
اَصْحَابُ رَسُوْلِ اللهِ ص اِذَا تَلَقَّوْا يَوْمَ اْلعِيْدِ يَقُوْلُ بَعْضُهُمْ لِبَعْضٍ: تَقَبَّلَ اللهُ مِنَّا
وَ مِنْكُمْ.
جبير بن نفير
تَقَبَّلَ اللهُ مِنَّا وَ مِنْكُمْ
(Taqobbalalloohu minnaa
wa minkum).
"Semoga Allah menerima amalan kami dan
amalan kamu". [HR. Jubair bin
Nufair]
Comments
Post a Comment