Skip to main content

Berjabat tangan dan bermuka manis.

عَنْ اَبِى ذَرّ قَالَ: قَالَ لىِ النَّبِيُّ ص: لاَ تَحْقِرَنَّ مِنَ اْلمَعْرُوْفِ شَيْئًا وَ لَوْ اَنْ تَلْقَى اَخَاكَ بِوَجْهٍ طَلْقٍ. مسلم 4: 2026
Dari Abu Dzarr, ia berkata : Nabi SAW bersabda kepadaku, "Janganlah kamu meremehkan sesuatu kebaikan meskipun berupa kamu bertemu saudaramu dengan wajah yang berseri-seri". [HR. Muslim juz 4, hal. 2026]
عَنْ جَابِرِ بْنِ عَبْدِ اللهِ قَالَ: قَالَ رَسُوْلُ اللهِ ص: كُلُّ مَعْرُوْفٍ صَدَقَةٌ، وَ اِنَّ مِنَ اْلمَعْرُوْفِ اَنْ تَلْقَى اَخَاكَ بِوَجْهٍ طَلْقٍ، وَ اَنْ تُفْرِغَ مِنْ دَلْوِكَ فِى اِنَاءِ اَخِيْكَ. الترمذى 3: 234، و قال: هذا حديث حسن صحيح
Dari Jabir bin 'Abdullah, ia berkata : Rasulullah SAW bersabda, "Setiap kebaikan adalah sedeqah, dan sesungguhnya termasuk kebaikan ialah kamu bertemu saudaramu dengan wajah yang berseri-seri, dan (termasuk kebaikan pula) kamu menuangkan air dari timbamu ke bejana saudaramu". [HR. Tirmidzi juz 3, hal. 234, ia berkata : Ini hadits Hasan shahih].
عَنْ اَبِى ذَرّ قَالَ: قَالَ رَسُوْلُ اللهِ ص: لاَ يَحْقِرَنَّ اَحَدُكُمْ شَيْئًا مِنَ اْلمَعْرُوْفِ، وَ اِنْ لَمْ يَجِدْ فَلْيَلْقَ اَخَاهُ بِوَجْهٍ طَلِيْقٍ، وَ اِذَا اشْتَرَيْتَ لَحْمًا اَوْ طَبَخْتَ قِدْرًا فَاَكْثِرْ مَرَقَتَهُ وَ اغْرِفْ لِجَارِك مِنْهُ. الترمذى 3: 179، و قال: هذا حديث حسن صحيح
Dari Abu Dzarr, ia berkata : Rasulullah SAW bersabda, “Janganlah salah seorang diantara kalian meremehkan sesuatu dari kebaikan. Apabila ia tidak mendapatkan, maka hendaklah ia bertemu saudaranya dengan wajah yang berseri-seri. Dan apabila kamu membeli daging, atau memasak, maka perbanyaklah kuahnya, lalu ambilkan sebagian untuk tetanggamu. [HR. Tirmidzi juz 3, hal. 179, dan ia berkata : Ini hadits hasan shahih]
عَنْ اَبِى ذَرّ قَالَ: قَالَ رَسُوْلُ اللهِ ص: تَبَسُّمُكَ فِى وَجْهِ اَخِيْكَ لَكَ صَدَقَةٌ، وَ اَمْرُكَ بِاْلمَعْرُوْفِ، وَ نَهْيُكَ عَنِ اْلمُنْكَرِ صَدَقَةٌ، وَ اِرْشَادُكَ الرَّجُلَ فِى اَرْضِ الضَّلاَلِ لَكَ صَدَقَةٌ، وَبَصَرُكَ لِلرَّجُلِ الرَّدِىءِ اْلبَصَرِ لَكَ صَدَقَةٌ، وَ اِمَاطَتُكَ اْلحَجَرَ وَ الشَّوْكَ وَ اْلعَظْمَ عَنِ الطَّرِيْقِ لَكَ صَدَقَةٌ، وَ اِفْرَاغُكَ مِنْ دَلْوِكَ فِى دَلْوِ اَخِيْكَ لَكَ صَدَقَةٌ. الترمذى 3: 228، و قال: حديث حسن غريب
Dari Abu Dzarr ia berkata : Rasulullah SAW bersabda, "Senyummu kepada saudaramu adalah sedeqah bagimu, kamu menyuruh kepada yang ma'ruf dan mencegah kemungkaran adalah sedeqah, kamu menunjukkan jalan bagi orang yang tersesat jalan adalah sedeqah bagimu, dan penglihatanmu untuk menolong orang yang tidak jelas penglihatannya adalah sedekah bagimu, kamu menyingkirkan batu, duri dan tulang dari jalan adalah sedeqah bagimu, dan kamu menuangkan air (memberikan airmu) dari embermu ke ember saudaramu juga sedeqah bagimu". [HR. Tirmidzi juz 3, hal. 228, dan ia berkata : Ini hadits hasan gharib].

عَنِ ابْنِ مَسْعُوْدٍ عَنِ النَّبِيّ ص قَالَ: مِنْ تَمَامِ التَّحِيَّةِ اْلاَخْذُ بِاْليَدِ. الترمذى 4: 173
Dari Ibnu Mas'ud, dari Nabi SAW, beliau bersabda, "Dari sempurnanya penghormatan ialah memegang tangan (berjabat tangan)". [HR. Tirmidzi juz 4, hal. 173]
عَنِ اْلبَرَاءِ بْنِ عَازِبٍ قَالَ: قَالَ رَسُوْلُ اللهِ ص: مَا مِنْ مُسْلِمَيْنِ يَلْتَقِيَانِ فَيَتَصَافَحَانِ اِلاَّ غُفِرَ لَهُمَا قَبْلَ اَنْ يَتَفَرَّقَا. ابن ماجه 2: 1220.
Dari Al-Baraa' bin ‘Aazib, ia berkata, Rasulullah SAW bersabda, "Tidaklah dua orang Islam bertemu lalu berjabat tangan, melainkan diampuni dosa keduanya sebelum kedua orang itu berpisah". [HR. Ibnu Majah juz 2, hal. 1220]
عَنْ اَنَسٍ بْنِ مَالِكٍ عَنْ رَسُوْلِ اللهِ ص قَالَ: مَا مِنْ مُسْلِمَيْنِ اِلْتَقَيَا فَاَخَذَ اَحَدُهُمَا بِيَدِ صَاحِبِهِ اِلاَّ كَانَ حَقًّا عَلَى اللهِ اَنْ يَحْضُرَ دُعَاءَهُمَا وَ لاَ يُفَرّقُ بَيْنَ اَيْدِيْهِمَا حَتَّى يَغْفِرَ لَهُمَا. احمد 4: 286، رقم: 12454
Dari Anas bin Malik, dari Rasulullah SAW, beliau bersabda, "Tidaklah dua orang Islam bertemu lalu salah seorang memegang tangan kawannya (berjabat tangan), kecuali Allah pasti mengabulkan doa mereka. Dan tidaklah melepaskan tangan mereka berdua sehingga Allah mengampuni mereka". [HR. Ahmad juz 4, hal. 286, no. 12454]
عَنْ سَلْمَانَ اْلفَارِسِيّ رض اَنَّ النَّبِيَّ ص قَالَ: اِنَّ اْلمُسْلِمَ اِذَا لَقِيَ اَخَاهُ فَاَخَذَ بِيَدِهِ تَحَاتَّتْ عَنْهُمَا ذُنُوْبُهُمَا كَمَا تَتَحَاتُّ اْلوَرَقُ مِنَ الشَّجَرَةِ اْليَابِسَةِ فِى يَوْمٍ رِيْحٍ عَاصِفٍ وَ اِلاَّ غُفِرَ لَهُمَا وَلَوْ كَانَتْ ذُنُوْبُهُمَا مِثْلَ زَبَدِ اْلبَحْرِ. الطبرانى فى الكبير 6: 256، رقم: 6150، باسناد حسن
Dari Salman Al-Farisiy RA, bahwasanya Nabi SAW bersabda, "Sesungguhnya orang Islam itu apabila bertemu dengan saudaranya lalu memegang tangannya (berjabat tangan) maka dosa-dosa keduanya berguguran sebagaimana daun-daun pohon berguguran dari pohonnya yang kering pada waktu ditimpa angin yang kencang. Atau diampuni dosa-dosa keduanya meskipun dosa-dosa keduanya itu seperti buih di laut". [HR. Thabrani dalam Al-Kabir juz 6, hal. 256, no. 6150, dengan sanad hasan]
عَنْ حُذَيْفَةَ بْنِ اْليَمَانِ عَنِ النَّبِيّ ص قَالَ: اِنَّ اْلمُؤْمِنَ اِذَا لِقِيَ اْلمُؤْمِنَ فَسَلَّمَ عَلَيْهِ وَ اَخَذَ بِيَدِهِ فَصَافَحَهُ تَنَاثَرَتْ خَطَايَاهُمَا كَمَا يَتَنَاثَرُ وَرَقُ الشَّجَرِ. الطبرانى فى الاوسط فى مجمع الزوائد 8: 37، رقم: 12766
Dari Hudzaifah bin Yaman, dari Nabi SAW, beliau bersabda, "Sesungguhnya orang mukmin apabila bertemu dengan orang mukmin yang lain lalu mengucapkan salam dan memegang tangannya untuk berjabat tangan, maka berguguran dosa-dosa keduanya sebagaimana daun-daun pohon berguguran". [HR. Thabrani di dalam Al-Ausath, Majma’uz Zawaaid juz 8, hal. 37, no. 12766]
عَنْ اَبِى هُرَيْرَةَ اَنَّ النَّبِيَّ ص لَقِيَ حُذَيْفَةَ فَاَرَادَ اَنْ يُصَافِحَهُ فَتَنَحَّى حُذَيْفَةُ فَقَالَ: اِنّى كُنْتُ جُنُبًا، فَقَالَ: اِنَّ اْلمُسْلِمَ اِذَا صَافَحَ اَخَاهُ تَحَاتَّتْ خَطَايَاهُمَا كَمَا يَتَحَاتُّ وَرَقُ الشَّجَرِ. البزار، فى مجمع الزوائد 8: 37، رقم: 12768
Dari Abu Hurairah, bahwasanya Nabi SAW bertemu dengan Hudzaifah, lalu beliau ingin berjabat tangan dengannya, lalu Hudzaifah menjauh dan berkata, "Sesungguhnya aku sedang junub". Maka beliau bersabda, "Sesungguhnya orang Islam itu apabila berjabat tangan dengan saudaranya, dosa-dosa keduanya berguguran sebagaimana daun-daun pohon berguguran". [HR. Al-Bazzar dalam Majma’uz Zawaaid juz 8, hal. 37, no. 12768]
عَنْ قَتَادَةَ قَالَ: قُلْتُ ِلاَنَسٍ: اَكَانَتِ اْلمُصَافَحَةُ فِى اَصْحَابِ النَّبِيّ ص؟ قَالَ: نَعَمْ. البخارى 7: 135
Dari Qatadah, ia berkata : Aku bertanya kepada Anas, “Apakah dahulu para shahabat Nabi SAW saling bersalaman ?”. Anas menjawab, “Ya. [HR. Bukhari juz 7, hal. 135]
عَنْ قَتَادَةَ قَالَ: قُلْتُ ِلاَنَسِ بْنِ مَالِكٍ هَلْ كَانَتِ اْلمُصَافَحَةُ فِى اَصْحَابِ رَسُوْلِ اللهِ ص؟ قَالَ: نَعَمْ. الترمذى 4: 172، و قال: هذا حديث حسن صحيح
Dari Qatadah ia berkata : Aku bertanya kepada Anas bin Malik, "Apakah dahulu berjabat tangan itu dilakukan oleh para shahabat Rasulullah SAW ?" Anas menjawab, "Ya". [HR Tirmidzi juz 4, hal. 172, dan ia berkata : Ini hadits hasan shahih]
عَنْ عَطَاءِ بْنِ اَبِى مُسْلِمٍ عَبْدِ اللهِ اْلخُرَسَانِىّ  قَالَ: قَالَ رَسُوْلُ اللهِ ص: تَصَافَحُوْا يَذْهَبِ اْلغِلُّ وَ تَهَادَوْا تَحَابُّوْا وَ تَذْهَبِ السَّحْنَاءُ. مالك فى الموطأ 2: 908
Dari 'Atha' bin Abu Muslim Abdullah Al-Khurasaniy, ia berkata : Rasulullah SAW bersabda, "Berjabat tanganlah kalian, niscaya kedengkian dan permusuhan akan hilang, dan saling memberi hadiahlah kalian, niscaya kalian saling mencintai dan hilanglah kebencian". [HR. Malik, dalam Al-Muwaththa’ juz 2, hal. 908]
Keterangan :
Berjabat tangan tersebut berlaku untuk laki-laki dengan laki-laki atau dengan istrinya atau dengan mahramnya. Begitu pula  berlaku bagi sesama perempuan, atau perempuan dengan suaminya atau dengan mahramnya.
Adapun berjabat tangan antara laki-laki dengan perempuan yang bukan mahramnya adalah dilarang, berdasarkan dalil-dalil sebagai berikut :
Sabda Nabi SAW :
اِنّى لاَ اُصَافِحُ النّسَاءَ. ابن ماجه 2: 959
Sesungguhnya aku tidak berjabat tangan dengan wanita. [HR. Ibnu Majah 2: 959]
قَالَتْ عَائِشَةُ: وَ مَا مَسَّتْ يَدُ رَسُوْلِ اللهِ ص يَدَ امْرَأَةٍ اِلاَّ امْرَأَةً يَمْلِكُهَا. البخارى 8: 125
Telah berkata 'Aisyah, "Tangan Rasulullah SAW tidak pernah menyentuh tangan (wanita yang tidak halal baginya), kecuali wanita yang beliau miliki". [HR. Bukhari juz 8, hal. 125]
قَالَتْ عَائِشَةُ: وَ لاَ وَ اللهِ مَا مَسَّتْ يَدُ رَسُوْلِ اللهِ ص يَدَ امْرَأَةٍ قَطُّ. غَيْرَ اَنَّهُ يُبَايِعُهُنَّ بِاْلكَلاَمِ. مسلم 3: 1489
Telah berkata 'Aisyah, "Tidak ! Demi Allah, tidak pernah sekalipun tangan Rasulullah SAW menyentuh tangan wanita, tetapi beliau membai'at mereka (para wanita) hanya dengan perkataan". [HR. Muslim juz 3, hal. 1489]
قَالَتْ عَائِشَةُ: مَا مَسَّ رَسُوْلُ اللهِ ص بِيَدِهِ امْرَأَةً قَطُّ. مسلم 3: 1489
Telah berkata 'Aisyah, "Tidak pernah sekalipun tangan Rasulullah SAW menyentuh (tangan) wanita (yang tidak halal baginya)". [HR. Muslim juz 3, hal. 1489]
قَالَتْ عَائِشَةُ: وَ اللهِ مَا اَخَذَ رَسُوْلُ اللهِ ص عَلَى النّسَاءِ قَطُّ، اِلاَّ بِمَا اَمَرَهُ اللهُ تَعَالَى. وَ مَا مَسَّتْ كَفُّ رَسُوْلِ اللهِ ص كَفَّ امْرَأَةٍ قَطُّ. وَ كَانَ يَقُوْلُ لَهُنَّ اِذَا اَخَذَ عَلَيْهِنَّ، قَدْ بَايَعْتُكُنَّ، كَلاَمًا. مسلم 3: 1489
‘Aisyah berkata, “Demi Allah, Rasulullah tidak pernah memegang wanita sama sekali, kecuali dengan apa yang diperintahkan Allah Ta’aalaa. Dan telapak tangan Rasulullah SAW tidak pernah sama sekali menyentuh telapak tangan wanita. Beliau bersabda kepada para wanita apabila mengambil bai’at mereka. “Sungguh aku telah membai’at kalian”, yaitu  dengan ucapan. [HR. Muslim juz 3, hal. 1489]
عَنْ مَعْقِلِ بْنِ يَسَارٍ قَالَ: قَالَ رَسُوْلُ اللهِ ص: َلاَنْ يُطْعَنَ فِى رَأْسِ اَحَدِكُمْ بِمِخْيَطٍ مِنْ حَدِيْدٍ خَيْرٌ لَهُ مِنْ اَنْ يَمَسَّ امْرَأَةً لاَ تَحِلُّ لَهُ. الطبرانى فى الكبير 20: 212، رقم: 486
Dari Ma’qil bin Yasaar, ia berkata : Rasulullah SAW bersabda, “Ditikam seorang diantara kalian di kepalanya dengan jarum dari besi adalah lebih baik daripada ia menyentuh seorang wanita yang tidak halal baginya. [HSR. Thabrani dalam Al-Kabir juz 20, hal. 212, no. 486]
عَنْ اَبِى اُمَامَةَ عَنْ رَسُوْلِ اللهِ ص قَالَ: اِيَّاكُمْ وَ اْلخَلْوَةَ بِالنّسَاءِ وَ الَّذِى نَفْسِى بِيَدِهِ، مَا خَلاَ رَجُلٌ وَ امْرَأَةٌ اِلاَّ دَخَلَ الشَّيْطَانُ بَيْنَهُمَا، وَ لَيَزْحَمُ رَجُلٌ خِنْزِيْرًا مُتَلَطّخًا بِطِيْنٍ اَوْ حَمْأَةٍ خَيْرٌ لَهُ مِنْ اَنْ يَزْحَمَ مَنْكِبُهُ مَنْكِبَ امْرَأَةٍ لاَ تَحِلُّ لَهُ. الطبرانى فى الكبير 8: 205، رقم: 7830
Dari Abu Umamah, dari Rasulullah SAW, beliau bersabda, “Jauhkanlah kalian dari bersepi-sepi dengan wanita. Demi Tuhan yang jiwaku di tangan-Nya, tidaklah seorang laki-laki berduaan dengan seorang wanita, melainkan syaithan masuk diantara mereka. Dan sungguh, seorang laki-laki bersentuhan dengan seekor babi yang berlumuran dengan lumpur adalah lebih baik daripada ia bersentuhan bahu dengan bahu wanita yang tidak halal baginya. [HR. Thabrani dalam Al-Kabir juz 8, hal. 205, no. 7830, dla’if karena dalam sanadnya ada perawi ‘Ali bin Yazid, dan ‘Ubaidillah bin Zahr]
Keterangan :
Dari hadits-hadits tersebut di atas menunjukkan bahwa Rasulullah SAW tidak pernah berjabat tangan dengan para wanita, dan beliau hanya berjabat tangan dengan laki-laki.
Di dalam Al-Qur'an surat An-Nuur ayat 30 dan 31, dan juga di dalam hadits, laki-laki dilarang memandang wanita dan sebaliknya, dan kita diperintahkan supaya menundukkan pandangan.

Maka dapat kita mengerti dengan jelas bahwa kalau pandang memandang saja dilarang, sudah tentu berjabat tangan lebih keras lagi larangannya. Dan jika berjabat tangan saja dilarang, otomatis berciuman, berpelukan, berdansa, dan sebagainya tentu lebih dilarang lagi.

Comments

Popular posts from this blog

Tata Pelaksanaan Ibadah Qurban Sesuai Tuntunan Rasulullah

1. Waktu penyembelihan : عَنْ اَنَسٍ قَالَ: قَالَ النَّبِيُّ ص يَوْمَ النَّحْرِ مَنْ كَانَ ذَبَحَ قَبْلَ الصَّلَاةِ فَلْيُعِدْ . متفق عليه. وللبخارى. مَنْ ذَبَحَ قَبْلَ الصَّلَاةِ فَاِنَّمَا يَذْبَحُ لِنَفْسِهِ. وَ مَنْ ذَبَحَ بَعْدَ الصَّلَاةِ فَقَدْ تَمَّ نُسُكُهُ وَ اَصَابَ سُنَّةَ الْمُسْلِمِيْنَ . البخارى عن البراء، فى نيل الاوطار 5 : 140 Dari Anas, ia berkata, Nabi SAW bersabda pada hari Nahr ('iedul Adlha), "Barangsiapa yang menyembelih sebelum shalat 'ied, maka hendaklah ia mengulangi". [Muttafaq 'alaih]. Dan bagi Bukhari : "Barangsiapa menyembelih sebelum shalat, maka sesungguhnya ia hanya menyembelih untuk dirinya sendiri (yakni tidak dinilai sebagai ibadah qurban), dan barangsiapa menyembelih sesudah shalat maka sempurnalah ibadah sembelihannya dan bersesuaianlah pelaksanaannya dengan sunnah kaum muslimin" . [HR. Bukhari dari Al-Baraa', dalam Nailul Authar juz 5, hal. 140] Berdasar riwayat dari Sulaiman Ibnu Musa

Halal Haram dalam Islam - Tentang Mengolok-olok, Su-udhan, Tajassus dan Ghibah

Firman Allah SWT : ياَيُّهَا الَّذِيْنَ امَنُوْا لاَ يَسْخَرْ قَوْمٌ مّنْ قَوْمٍ عَسى اَنْ يَّكُوْنُوْا خَيْرًا مّنْهُمْ وَ لاَ نِسَآءٌ مّنْ نّسَآءٍ عَسى اَنْ يَّكُنَّ خَيْرًا مّنْهُنَّ، وَ لاَ تَلْمِزُوْآ اَنْفُسَكُمْ وَ لاَ تَنَابَزُوْا بِاْلاَلْقَابِ، بِئْسَ اْلاِسْمُ اْلفُسُوْقُ بَعْدَ اْلاِيْمَانِ، وَ مَنْ لَّمْ يَتُبْ فَاُولئِكَ هُمُ الظَّالِمُوْنَ(11) ياَيُّهَا الَّذِيْنَ امَنُوا اجْتَنِبُوْا كَثِيْرًا مّنَ الظَّنّ، اِنَّ بَعْضَ الظَّنّ اِثْمٌ وَّ لاَ تَجَسَّسُوْا وَ لاَ يَغْتَبْ بَّعْضُكُمْ بَعْضًا، اَيُحِبُّ اَحَدُكُمْ اَنْ يَّأْكُلَ لَحْمَ اَخِيْهِ مَيْتًا فَكَرِهْتُمُوْهُ، وَ اتَّقُوا اللهَ، اِنَّ اللهَ تَوَّابٌ رَّحِيْمٌ(12) الحجرات:11-12 Hai orang-orang yang beriman janganlah suatu kaum mengolok-olok kaum yang lain (karena) boleh jadi mereka (yang diolok-olok) lebih baik dari mereka (yang mengolok-olok) dan jangan pula wanita-wanita (mengolok-olok) wanita-wanita lain (karena) boleh jadi wanita-wanita (yang diperolok-olokkan) lebih baik dari wanita (yang